JAWABAN ESSAY HARIAN | Analisis Data

 https://wijayalabs.com/2023/01/31/soal-essay-informatika-kelas-8-tentang-analisis-data/

  1. Apakah tujuan kamu mempelajari Analisis Data?
    Agar kita dapat mengelola data dan menentukan kriteria untuk menampilkan data sesuai dengan tujuan. Serta mempelajari pencarian data di dalam aplikasi pengolah lembar kerja dapat dilakukan menggunakan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup). Dan agar kita dapat dapat menampilkan data dalam bentuk visual, seperti grafik untuk membandingkan data yang satu terhadap data yang lain.

  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
    Untuk membantu analisis data, kalian juga dapat menampilkan data  dalam bentuk visual, seperti grafik untuk membandingkan data yang satu terhadap data yang lain. Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari  konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan  pencarian lebih dalam jika diperlukan.

  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
    Vlookup adalah mencari suatu data jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup adalah mencari suatu data jika range data disusun secara horizontal.

  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
    Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Pivot Table merupakan cara yang interaktif untuk meringkas sejumlah besar data dengan cepat. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya. Peringkasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses analisis data.

  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
    SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.
    - SUMIFS berasal dari dua kata kunci: “SUM” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses SUM (data) apabila (IF) memenuhi (satu atau banyak kondisi).
    - COUNTIFS berasal dari dua kata kunci: “COUNT” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi (satu atau banyak kondisi)

  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
    Peringkasan data adalah cara mengolah data dari sekumpulan data menjadi data yang lebih ringkas. Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan.

  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
    Pada umumnya, data yang akan dikelola itu berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami secara langsung. Dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik.

  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
    1). Blok tabel yang ingin dibuat menjadi grafik.
    2). Klik tab 'Insert'
    3). Klik 'Insert Line or Area Chart' pada bagian 'Charts'
    4). Data otomatis akan menjadi grafik.

  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
    Pencarian data di dalam lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan  fungsi. Pada saat kalian mencari data, ada dua kemungkinan yang dapat diperoleh, yaitu data yang dicari ditemukan (kondisi benar atau TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (kondisi salah atau FALSE). Fungsi yang dapat digunakan terdiri atas dua kelompok, yaitu: fungsi lookup dan fungsi reference.

  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
    Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data memudahkan untuk memahami makna data yang ada, biasanya kegiatan ini disebut dengan analisis data.

  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
    Pengolahan data dalam penelitian adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
    Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Fungsi Lookup terdiri atas fungsi vlookup dan Hlookup. Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal. Lookup adalah fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja, dalam hal ni adalah MS Excel untuk mencari suatu data dalam sebuah range.

  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
    Match adalah mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi, posisi dimulai dari 1.
    Choose adalah mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk.
    Index adalah mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai.

  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian dalam meringkas data?
    Iya karena SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu

  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih sulit digunakan?
    SUMIFS adalah menghitung jumlah isi nilai dari kumpulan data berdasarkan kondisi tertentu. COUNTIFS adalah menghitung banyaknya data berdasarkan kondisi tertentu. Sehingga menurut saya yang lebih susah digunakan adalah SUMIFS.

  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
    Iya karena absolute references digunakan agar ketika disalin ke cell berikutnya, isi table array tetap.
     

  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
    Senang dan tertantang karena merupakan informasi baru.

  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara unplugged (tanpa komputer)?
    Mengurut sebuah data.

  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
    Pivot adalah mengembangkan sesuatu dengan mengubahnya. Relasinya dengan fungsi pivot di Excel adalah mereka berdua sama sama mengubah sesuatu untuk mengembangkan. Fungsi pivot di Excel adalah meringkas sebuah data agar lebih mudah untuk dipahami.

  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?

Iya. Pivot table satu dimensi digunakan untuk meringkas data dari suatu kumpulan data (dataset). Pada pivot table satu dimensi, peringkasan hanya ditentukan berdasarkan satu kolom data, yaitu berdasarkan baris pivot. Pada pivot table dua dimensi, peringkasan akan ditentukan berdasarkan dua kolom data. Terdapat baris pivot dan kolom pivot yang akan digunakan sebagai acuan dalam meringkas data.


Comments

Popular posts from this blog

(Resume) Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengalamanku di MPLS LABS 2021

BAB 6 | ANALISIS DATA