Pengalaman Mengikuti Pertemuan Tatap Muka (PTM) di SMP Labschool Jakarta

Assalamu’alaikum Wr Wb. Perkenalkan, saya Syifa Indriana Aqila dari kelas 7G di SMP Labschool Jakarta. Di blog ini saya akan meceritakan pengalaman saya di pekan pertama pertemuan tatap muka (PTM) di SMP Labschool Jakarta.

Hampir 2 tahun yang lalu, kita melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dirumah. Pada akhirnya, saat tanggal Januari 3 kita bisa melakukan PTM pada tahun 2022 ini. Oh, ngomongin tentang 2022, selamat tahun baru semuanya! Semoga tahun ini berjalan dengan lancar untk kita semua, Aamiin Ya Rabbal Alamiin. Nah kali ini, PTM kita tidak terbatas lagi karena sekarang sudah masuk 100% (full), saya sangat senang mendengar berita tersebut. Tetapi di SMP Labs Jakarta tidak semua angkatan masuk tiap hari, karena kelas 8 sama kelas 7 harus bergantian untuk masuk, sedangkan kelas 9 sudah masuk tiap hari. Di pekan ini kelas 7 mendapatakan hari Senin, Rabu, Jum’at. Oke, sekarang saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya di pekan ini. Enjoy!

 

Senin, 3 January 2022

Saya bangun sekitar jam 5:30. Saya segera mandi dan siap-siap. Untungnya, kemarin malem saya sudah siapin seragam dan tas sehingga saat pagi tidak terlalu memakan waktu. Saya berangkat jam 6:15, saya ditemani kedua orang tua dan kucing saya. Kucing saya selama di perjalan melihat jalanan saja kok, bukan keluar dari mobil hehe. Saya sampai sekitar jam 6:40, tentu saat dating jangan lupa untuk cuci tangan dan mengecek suhu tubuh dong. Lalu saya menyiapkan aplikasi peduli lindungi untuk check-in (masuk) SMP Labschool Jakarta. Tetapi wifi sekolah saat itu sedang error sehingga baru bisa check-in (masuk) saat jam istirahat.

Saat masuk kelas sudah lumayan banyak yang masuk, dan saya bingung mau duduk dimana, sehingga saya pilih yang kosong saja. Lalu beberapa menit kemudia Teman dekat saya, kayya masuk dan duduk diebelahku. Kita mengobrol sebentar menunggu walas untuk masuk ke kelas untuk PA.

Setelah PA, kita masuk ke jam belajar pertama yaitu MTK dengan Pak Fathir, kita mepelajari tentang sudut. Di materi sudut ada materi yang sudah pernah saya pelajari saat sd sehingga lebih tenang

Pembelajaran selanjutnya adalah Bahasa Inggris dengan walas tercinta, Bu wiwit. Kita review bab sebelumnya, setelah nge-review kita ke bab selanjutnya tentang technology.

Lalu, memasuk jam istirahat. Saya dan Kayya awalnya tidak tahu ingin memakan dimana, tetapi karena guru-guru yang sangat pehatian mereka mengarahkan kami untuk memakan di hallma. Saya dan Kayya melakukan selfie jarak jauh di hallma. Nih photonya.

Saya yang dibelakang sih Hahahahahaha. Jangan lupa jaga jarak ya teman-teman Nah setelah istirahat kita memasuki kelas dan menyiapkan untuk jam pelajaran Agama Islam dengan Bu Ita. Saya sadar saya lupa untuk membawa Juz’amma saya, sehinggga harus meminjam Al-Qur’an yang tersedia dikelas. Dikarenakan ada yang ga pakai peci/jilbab mereka harus tadarus di depan sambal berdiri dan nyanyi balonku. Di AIS kita mepelajari tentang sholat, awalnya Bu Ita ingin mempresentasikan tentang sholat tetapi error sehingga kita review materi sebelumnya dulu. Lalu kita menonton video siksa kubur jika lalai meninggalkan sholat, aku sangat takut saat menontonnya. Terus kita mepelajari sholat lewat buku. Setelah jam pelajaran selesai itu waktunya untuk sholat berjama’ah di Masjid Baitul Ilmi. Setelah itu saya segera pulang walaupun harus nunggu sebentar.


 

Rabu, 5 January 2022

Hari ini rutinitas pagi saya tetap sama pada saat hari senin, bedanya hari ini saya berangkat dengan abang saya yang ptm juga di SMA Labschool Jakarta. Aku juga tidak berangkat dengan bunda dan kucing saya jadi saya pamit dulu kepada mereka.

Pagi ini peduli.lindungi saya juga ke check-in nya cepat, saya senang sekali. Dan segera memasuki kelas. Saya duduk lagi disebelah Kayya HAHAHAHAHA. Nah pelajaran dimulai 30 menit lebih cepat hari ini.

Pelajaran pertama saya di hari rabu adalah IPS sama Pak Kasdi. Kita mempelajari tentang Potensi Sumber Daya Alam. Menurut saya materi ini sangat menarik karena aku pecinta alam.

Kemudian, pelajaran kedua adalah Seni Budaya sama Pak Murdha (seni rupa). Nah Pak Murdha mengajari kita tentang teori warna. Kebetulan juga aku sama kayya membahas tentang itu sebelum pelajaran Seni Budaya. Terus disuruh gambar teori warna gitu, tetapi aku ga bawa buku gambar jadi harus gambar dikertas lain dulu. Pak Murdha juga mainin music saat kita lagi gambar, sehingga tidak bosan dehh.

Setelah itu, istirahat tiba, dan aku sama Kayya makan bareng lagi. Lalu kita balik ke kelas untuk ngbrol beberapa hal. Kita ga melakukan banyak hal saat istirahat.

Untuk pelajaran terakhir adalah PPKn dengan Pak Erwin. Kita mempelajari tentang keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai bhinneka tunggal ika. Pak Erwin juga membahas sedikit tentang ptm.

Lalu jangan lupa saya sholat berjamaah di masjid Baitul Ilmi. Tetapi dikarenakan harus membahas tentang labsmo, saya bersholat jamaah sama panitia labsmo.

 

Jum’at, 7 January 2022

Hari ini saya berangkat lebih pagi dibandingkan yang biasanya. Saat masuk sekolah jangan lupa untuk selalu cuci tangan, cek suhu, dan masuk dengan peduli lindungi ya guys. Nah pagi ini ada ibadah angkat, tetapi sayangnya saya tidak bisa mengikutinya dikarenakan ada urusan panitia labsmo.

Saat kembali ke kelas, saya segera menyiapkan buku-buku buat Bahasa Indonesia sama Pak Adi. Di pelajaran B.Indo kita membahas tentang puisi rakyat. Tapi sebelum ke materi, beberapa orang menceritakan karakter fantasi mereka. Sayangnya saya ga kepilih.

Setelah B.indo adalah IPA. Kita melakukan eksperimen menggunakan mikroskop dan mengamati system organisasi hewan dan tumbuhan di labotarium. Saya sangat senang melakukan eksperimen ke pertama kalinya di labschool. Jangan lupa untuk cuci tangan setelah melakukan eksperimen.

Lalu, kita istirahat seperti biasa, terus saya kepikiran siap-siap saja buat TIK dan keluarkan laptop. Lalu saya benerin Notion (aplikasi buat mengorganisasi) saya.

Kemudian, Omjay dating ke kelas dan memberikan kita tugas blog tentang ptm ini. Omjay juga ngerekam 7G saat TIK. Tapi saya ga keliatan ๐Ÿ‘

Untuk kegiatan terakhir, saya keputrian dan Bu An menyampaikan buat keputrian ini, Setelah keputrian saya tidak lupa untuk sholat di masjid Baitul ilmi. Dan sebelum dijemput saya tidur dulu sebentar haha.

 

Kesimpulannya adalah bahwa PTM lebih enak dari PJJ. Karena PJJ saya kadang merasa sendiri juga tetapi giliran ptm saya berasa tidak sendirian dan bersemangat. Guru-guru sangat baik, teman-teman juga sangat baik. Saya senang sekali bisa ptm. Belum lagi fasilitas labschool yang sangat mantap.

Ya sekian dari blog ini. Terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Comments

  1. Semoga ptm berjalan lancar. Ajak kawan lainnya memberikan komentar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

(Resume) Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengalamanku di MPLS LABS 2021

BAB 6 | ANALISIS DATA