Ulangan Harian Informatika

  1. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut!
    Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB)

  2. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat.
    Tidak, karena sekarang adalah masa dimana teknologi dikembang, dimana kebanyakan kegiatan pembelajaran siswa informatika berkaitan dengan menggunakan komputer.

  3. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!
    1. Berpikir komputasional
    2. Teknologi informasi dan komunikasi
    3. Sistem komputer
    4. Jaringan komputer dan internet
    5. Analisis data
    6. Algoritma

  4. Coba kalian tuliskan dan berikan contoh belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet!
    Meramal cuaca dengan memperhatikan pola-pola alam disekitar, itu termasuk mempelajari pola-pola.

  5. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Sebutkan keenam dimensi Profil pelajar pancasila tersebut!
    Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.
    1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
    2. Berkebinekaan global
    3. Mandiri
    4. Bergotong royong
    5. Bernalar kritis
    6. Kreatif

  6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!
    Sudah, misalnya:
    1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia → sholat/beribadah, membaca al Qur-an, dll.
    2. Berkebinekaan global → berteman dengan semua orang tanpa membedakan suku, bahasa, dll.
    3. Mandiri → membersihkan kamar seperti merapikan tempat tidur.
    4. Bergotong royong → melakukan tugas kerja kelompok
    5. Bernalar kritis → mengambil keputusan sebagai hasil dari proses berpikir.
    6. Kreatif → memberikan ide yang berbeda dari teman-teman lain dalam suatu proyek

  7. Proyek apa saja yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok?
    Membuat PPT atau rangkuman bab 1-3 saat kelas 7, serta mempresentasikannya.

  8. Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!
    Sudah, misalnya : ramalan cuaca dengan memperhatikan pola-pola alam disekitar, membuat kopi.

  9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!
    1.  Microsoft word
    2. Microsoft excel
    3. Microsoft powerpoint
    4. Notion

  10. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan dengan lengkap alamat blog kamu!
    Rangkuman TIK, Jaringan dan Komputer, soal pertemuan ke 3, dan soal pertemuan ke 6. https://apicsyifa-8f.blogspot.com/

  11. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!
    https://www.canva.com/design/DAFKVRfNHbw/pIqsSHHWXW1Rnpj0NTHzeg/view?utm_content=DAFKVRfNHbw&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=publishsharelink

  12.  Silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!


  13.  Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa?  Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!
    Jaringan komputer karena saya bisa mengetahui lebih banyak tentang komputer.


  14.  Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
    Berpikir komputasional karena berpikir komputasional dapat mengajarkan kita untuk menganalisis masalah, memperhatikan pola, dll yg bakal penting di kehidupan kita.

  15. Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senin sampai Jumat!
    https://www.canva.com/design/DAFKViI4iTk/trhXCOh7fDEmOemtOE1kIQ/view?utm_content=DAFKViI4iTk&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=publishsharelink

  16. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?
    Rp. 30.000 x 3 = Rp. 90.000 → jadi kita maximal dapat sebanyak 3 bungkus gula pasir.
    Rp. 100.000 - Rp. 90.000 = Rp. 10.000 → iya, kita masih ada uang tersisa buat dikembalikan ke ibu.

  17. Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa?
    Berikan input adonan berbentuk lingkaran ke lubang input nomor 2.
    1. Lingkaran → Persegi
    2. Persegi → Segitiga
    3. Segitiga → Persegi

  18. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!
    https://www.canva.com/design/DAFKV-hRODg/dnRTgYSH_xY_2yWQg01WXw/view?utm_content=DAFKV-hRODg&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=publishsharelink

  19. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!
    1. Bilas mie kuning dengan air hangat lalu tiriskan.
    2. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wanginya lezat.
    3. Masukkan daging ayam yang sudah di iris, aduk hingga berwarna putih.
    4. Tambahkan cabe merah dan sawi, aduk hingga rata.
    5. Masukkan mie kuning dan bumbu.
    6. Aduk-aduk hingga seluruhnya rata terkena bumbu.
    7. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat
    8. Sajikan di piring lalu makan.

  20. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7! (bagi yang tidak ikut, ceritakan keadaanmu saat itu)
    https://www.canva.com/design/DAFKh4o2p_U/M9VHys0TBl8Q7c6fVg2L4g/view?utm_content=DAFKh4o2p_U&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=publishsharelink 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

(Resume) Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengalamanku di MPLS LABS 2021

BAB 6 | ANALISIS DATA