Essay Infrormatika

  1. Apakah yang dimaksud dengan  ilmu informatika? (Jawablah dengan kalimat minimal 300 kata)

  2. Sebutkan 5 dampak positif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP!

  3. Sebutkan 5 dampak negatif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP!

  4. Jelaskan  cara membuat program sederhana yang kamu ketahui! (jawaban minimal 300 kata)

  5. Apakah yang dimaksud Computational Thinking? (Jawaban minimal 300 kata)

  6. Mengapa Computational Thinking penting diajarkan sejak dini?

  7. Bagaimana cara kamu memanfaatkan media sosial secara baik dan benar?

  8. Apa yang dimaksud dengan Hoax atau berita bohong?

  9. Jelaskan cara memasukkan file presentasi ke dalam blog pribadi kamu!

  10.  Apa yang kamu sukai dari pelajaran informatika?


 Jawaban

  1. Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

    Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu. Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.

    Informatika mencakup aspek teoritis dan praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. Dengan mengkombinasikan prinsip, praktik, dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoritis, penerapan informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan berefek bahwa produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so beautiful”). Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).


  2. Dampak positif Informatika : 

  • Semakin mudah berinteraksi antar sesama.

  • Semakin mudah mengakses dan mendapatkan informasi.

  • Semakin mudah dalam berbelanja.

  • Semakin banyak dan mudah sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

  • Semakin efektif dalam penggunaan waktu.


  1. Dampak negatif Informatika :

  • Anak kehilangan kemampuan berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan online.

  • Adanya pelanggaran hak cipta.

  • Kejahatan di internet.

  • Penyebaran virus komputer.

  • Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan.


  1. Memang banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari untuk bisa membuat sebuah aplikasi. Namun bagi Anda yang pemula maka terlebih dahulu pahami cara membuat program sederhana menggunakan Visual Basic.

    Bahasa pemrograman yang satu ini dianggap paling mudah untuk dipelajari. Visual Basic sering digunakan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis windows. Anda bisa mulai membuat program yang sederhana sampai yang kompleks dengan menggunakan Visual Basic ini.

    Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer sehingga Anda bisa mudah untuk mempelajarinya. Banyak sekali sumber yang membahas tentang bahasa pemrograman ini. Dengan begitu Anda bisa mengembangkan sambil menerapkan cara membuat program sederhana dengan menggunakan Visual Basic.

    a. Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mempelajari Cara Membuat Program Sederhana. Sebelum menerapkan cara membuat program sederhana menggunakan Visual Basic maka Anda perlu mempersiapkan berbagai hal. Persiapan ini dilakukan agar Anda bisa lebih mudah untuk membuat sebuah program dengan Visual Basic. Apa saja hal yang harus dipersiapkan, mari simak informasinya di bawah ini.
    1) Cari ide program yang akan dibuat
    2) Pahami dasar bahasa pemrograman yang akan dipilih untuk menyusun program
    3) Pelajari konsep dasar pemrograman
    4) Cari buku sebagai referensi belajar
    5) Ikuti kursus
    6) Bertanyalah kepada teman yang paham

b. Cara Membuat Program Sederhana Menggunakan Visual Basic. Untuk dapat membuat sebuah program maka Anda harus memahami langkah-langkah dan cara membuat program sederhana menggunakan Visual Basic. Berikut akan dijabarkan langkah-langkah pembuatannya. Bagi Anda yang masih pemula pun tidak akan kesulitan untuk mengikutinya, mari simak informasinya di bawah ini.
1. Install aplikasi Visual Basic
2. Buka lembar kerja pada Visual Basic
3. Membuat bentuk untuk desain program
4. Membuat coding-an untuk menjalankan program
5. Perintah yang terdapat di Visual Basic
6. Tahap penyimpanan project
7. Proses testing program

Visual Basic bukan merupakan bahasa pemrograman yang cocok untuk membuat sebuah game. Sehingga Visual Basic lebih cocok digunakan untuk membuat aplikasi kantoran.


  1. Berpikir komputasi atau Computational Thinking dan biasa disingkat dengan CT merupakan sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran dalam pengembangan aplikasi komputer. Berpikir komputasi (computational thinking) memiliki peranan yang sangat penting karena tidak hanya dapat digunakan pada pengembangan aplikasi komputer saja namun dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah pada semua disiplin ilmu.

    Berpikir komputasi (computational thinking) adalah sebuah teknik untuk memecahkan masalah yang sangat luas penerapannya. Pada zaman digital ini kita selayaknya memiliki kemampuan tersebut, karena computational thinking melatih otak kita untuk terbiasa berpikir secara logis, kreatif dan terstruktur.

    Pada awalnya, istilah berpikir komputasi (computational thinking) pertama kali dikenalkan oleh Seymour Papert pada tahun 1980. Kemudian tahun 2014, pemerintah Inggris memasukkan materi pemrograman komputer ke dalam kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah, dengan tujuan untuk mengenalkan computational thinking sejak dini kepada siswa. Pemerintah Inggris mempercayai bahwa computational thinking dapat membuat siswa lebih cerdas dan membuat mereka lebih cepat memahami teknologi yang ada di sekitar mereka.

    Pada tahun yang sama, lembaga non-profit dari Amerika, yaitu code.org, menyelenggarakan beberapa acara untuk mempromosikan manfaat dari belajar pemrograman, mulai dari Computer Science Education Week untuk anak sekolah. Di beberapa negara, computational thinking mulai diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran, bahkan di beberapa negara untuk membantu dan mempercepat computational thinking, mereka memasukkan Computer Science sebagai sebuah mata pelajaran wajib dalam kurikulum nasional mereka.

Dalam pendidikan Technology, Engineering, Science, dan Mathematics (STEM), computational thinking didefinisikan sebagai seperangkat keterampilan kognitif memungkinkan pendidik mengidentifikasi pola, memecahkan masalah kompleks menjadi langkah-langkah kecil, serta mengatur dan membuat serangkaian langkah untuk memberikan solusi, dan membangun representasi data melalui simulasi. Karakteristik berpikir komputasi adalah merumuskan masalah dengan menguraikan masalah tersebut ke dalam segmen yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

Strategi in memungkinkan siswa untuk mengubah masalah yang kompleks menjadi beberapa prosedur atau langkah yang lebih tidak hanya lebih mudah untuk dilaksanakan, tetapi juga menyediakan cara yang efisien untuk berpikir kreatif.


  1. Computational Thinking sepertinya sangat bagus diberikan sejak dini misalnya pada pendidikan dasar, hal ini diharapkan menjadi bekal mereka nantinya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi


  2. Cara memanfaatkan media sosial secara baik dan benar :

  • Jaga informasi yang bersifat privasi.

  • Jaga etika berkomunikasi. ...

  • Bijak memilih teman di medsos.

  • Jangan asal post.

  • Cari kebenaran dan cantumkan sumber konten ketika membagikan sesuatu. 

  • Tetap waspada dan jangan mudah tergiur.


  1. Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis).


  2. 1. Membuat presentasi dan download hasil akhir tersebut dengan format pdf.
    2. Ke https://www.slideshare.net/ dan login dengan email pribadi
    3. Pencet upload
    4. Upload file presentasi dan isi bio post presentasi
    5. Jika sudah lengkap, pencet post
    6. Setelah di post, click copy link
    7. Lalu cantumkan link tersebut ke blog kalian


  3.  Melatih cara menulis

Comments

Popular posts from this blog

(Resume) Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengalamanku di MPLS LABS 2021

BAB 6 | ANALISIS DATA